Rabu, 07 November 2018

Membuat JUDUL


Kamu bingung habis nulis cerita terus mau kasih judul apa? Sama! Hehehehe

Saran saya ketika kita membuat Judul, jangan terlalu panjang kaya judul sinetron di Ind*siar. Tau kan judul2 super panjang di stasiun TV tersebut hehehe. Kita bisa menggunakan satu kata atau lebih intinya jangan berlebihan lah misal maksimal 5 kata. Terus bikin deh judul yang berbeda dari judul-judul yang sudah ada, antimainstream gitu lah.

1.       Kamu bisa bikin judul yang Provokatif atau Kontradiktif, tujuannya supaya orang penasaran. Misal kita membuat sebuah kalimat kontradiktif: Pelangi Tanpa Warna, Kedipan Si Buta, Surga di Bawah Telapak Kaki Bapak.
2.       Kamu juga bisa bikin judul dengan mengambil Ciri Khas atau inti cerita yang kamu buat. Misalnya ketika saya membuat cerita tentang pernikahan berjudul: MAHAR.
3.       Buat kamu yang jago Bahasa Asing, kamu juga bisa menggunakan judul dengan bahasa asing loh. Misal: Je M’aple Kiara atau Ana uhibu Fillah.
4.       Selain itu, bisa juga kita membuat judul dengan mengambil Nama Tokoh utama. Misalnya aja : Dilan, Elena. Atau yang berhubungan dengan Sifat Unik si Tokoh. Misal: Mr. Juki, Sopir Bajaj Jago Ngibul.
5.       Kamu juga bisa membuat Judul dari Setting Tempat yang  kamu ambil dalam cerita. Misal: Yogyakarta i’m in love,  Bandung Love Story.
6.       Selain itu kamu juga bisa membuat judul dengan sebuah kata/ kalimat Analogi. Tapi ingat ya, analogi yang kita buat harus sesuai dengan isi cerita. Misal novel saya : “Embun di Atas Daun Maple”. Embun menganalogikan kesejukan Islam, Daun Maple = lambang negara Kanada.
7.       Masih Ribet juga cari judul? Paling gampang Contek dan Modifikasi aja judul yang udah ada dari penulis yang sudah terkenal. misal ada judul:
Dear Nathan, kamu bikin Dear Joko.
Ayat-ayat Cinta, kamu bikin Bukan Ayat Cinta

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.
Salam                                                                                                                   

@hadismevlana

1 komentar:

Menembus Penerbit Mayor

Salah satu “surga” yang ada di bumi bagi saya adalah toko buku. Saya bisa betah berlama-lama sekadar melihat-lihat cover buku yang menarik....

Cari Blog Ini